MAKNA BERSYUKUR DALAM HIDUP

Dalam keseharain tanpa kita sadari, sering terbesit dalam pikiran kita merasa kurang puas dengan keadaan kita saat ini, mungkin kita merasa kecewa karena apa yang kita harapkan belum sesuai dengan kenyataan yang kita terima. Kadang kalaketidakpuasan kita dengan keadaan dan kehidupan kita sekarang seringkali menjadikan kita merasa kurang bergairah dan tidak bersemangat, lesu dalam bekerja dan berkatifitas, bahkan yang paling parah bila kita mengingkari rahmat kasih sayang Allah SWT dan berburuk sangka pada-Nya. Sungguh kita termasuk orang-orang yang tidak pandai bersyukur.
Terlampau banyak orang yang beranggapan bahwa rizki yang diperolehnya adalah hasil keringat sendiri, padahal Allah lah yang memberi  kita rezeki, Ketika orang lain melakukan sesuatu untuk kita, kita merasa bersyukur. Namun, kebanyakan dari kita tidak terbiasa untuk menghaturkan rasa syukur kepada Allah Swt  untuk segala hal yang telah Dia berikan kepada kita. Mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan untuk semua hal yang telah Ia lakukan untuk kita disebut sebagai rasa syukur dalam praktik spiritual. Kemampuan untuk hidup dalam perasaan syukur ini merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari perjalanan hidup seorang hamba yang menginginkan kebagiaan keselamatan dunia dan akhirat.
Kadang kita merasa apa yang harus kita syukuri ketika suatu saat kita tidak memperoleh apa yang kita usahakan, padahal kegagalan bisa berarti rizki yang harus kita syukuri juga, kita tidak tahu ketika kita tidak memperoleh apa yang kita inginkan justru Allah memahami bahwa hal yang kita inginkan itu justru akan membawa kerugian yang sangat dahsyat.
Sahabat.. coba mulai kita pahami makna bersyukur dengan cara merenungkan akan nikmat-nikmat Allah yang telah dilimpahkan kepada kita, betapa nikmat Allah telah membanjiri anda dari atas kepala sampai keujung kaki, pernahkah anda merenungkan, kesehatan tubuh anda, keluarga anda, makanan, pakaiaan  bahkan udara dan air, yang masih membuat anda  berdiri kokoh dan bisa membaca artikel ini walaupun  degan segala permasalahan.
Syukur yang tulus  dengan hati dilakukan dengan menyadari sepenuhnya bahwa nikmat yang diperoleh adalah semata-mata karena anugerah dan kemurahan Ilahi. Syukur dengan hati mengantar manusia untuk menerima anugerah dengan penuh kerelaan tanpa menggerutu dan keberatan betapapun kecilnya nikmat tersebut. Syukur ini juga mengharuskan yang bersyukur menyadari betapa besar kemurahan, dan kasih sayang Ilahi sehingga terlontar dari lidahnya pujian kepada-Nya.
Sebuah cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan rasa syukur adalah menuliskan atau mengingat beberapa hal yang Anda syukuri setiap hari. Jurnal rasa syukur ini merupakan cara yang baik untuk memulai rasa syukur yang lebih besar dalam hidup Anda. Contoh hal kecil namun patut disyukuri adalah menikmati cuaca yang baik sehingga bisa jalan-jalan atau beraktifitas dengan lancar, tidak kesulitan mendapatkan makanan dan minuman, tidak kesulitan bernafas dan lain sebagainya. Jika terus dikumpulkan, suatu saat kita akan takjub karena demikian besar karunia Sang Pencipta yang telah kita terima dan nikmati, Upayakan untuk menghiasi pikiran dan sikap dengan rasa syukur kapanpun dan dimanapun. Hal itu dapat mempengaruhi sikap mental menjadi lebih positif. Dengan begitu Anda perlahan-lahan mulai menarik hal-hal positif ke dalam kehidupan Anda.
Ketika membaca tulisan ini cobalah anda bertanya pada diri sendiri, adakah yang berubah dalam pikiran anda, apakah anda menemukan kesan dalam jiwa anda semoga hal itu ada dalam diri anda dan ini lah yang menjadi harapan saya, sebab dari ini semua Tuhanlah yang menjadi sumber harapan kita, tidak yang dapat memberikan petunjuk kepada kita selain Allah, hanya kepadaNya kita berserah diri dan hanya karenaNya kita bersyukur atas segala nikmatNya, Iman, Akal, Agama, Rezeki, Umur Panjang, dan yang pasti Blog ini akan selalu menemani anda dalam proses menggapai ketentraman, kebahagiaan kesejahteraan hidup ini, dan selalu berbagi pengalaman kepada anda dalam menghadapi permasalahan hidup, semoga bermanfaat  bagi sy, bagi anda dan bagi kita semua Amin ya RobbalAllamin.-