UBAH KETERPURUKAN MENJADI KESUKSESAN

Heppy Trenggono,
Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan       

Dalam belitan hutang Rp 62 miliar, Heppy Trenggono bukannya mengencangkan ikat pinggang, Ia justru membuat program berderma kepada sesama. Tak ayal keputusan ini menimbulkan perpecahan manajemen yang meruncing. Namun tanpa diduga, Ia akhirnya mampu melunasi hutang tersebut bahkan berhasil menghidupkan kembali usahanya yang sudah terpuruk mampu bangkit dalam waktu dua tahun dan kembali membangun bisnisnya senilai Rp. 7 Triliun tanpa hutang sama sekali. Belajar bisnis dengan banyak guru di dalam dan luar negeri. Bos Grup Balimuda itu sudah mampu menggawangi 12 anak perusahaan serta menafkahi sekitar 3.000 pegawai. Heppy pun kini dikenal piawai dalam memberikan motivasi kepada pengusaha yang sedang terpuruk untuk bangkit kembali.

ini adalah beberapa tips dari beliau mudah2an bisa menginspirasi kita semua 

1.   Pelajari Kesalahan kita; Hijrah,  Jauhi Riba. Biasanya pengusaha jatuh karena menggunakan mekasnisme leverage hutang bank menggunakan Riba/bunga. Mas Heppy sadar betul bahwa riba adalah larangan agama yang harus di hindari. Inilah yang menjadi titik balik perjuangan beliau.


2.   Apa Yang kita Bela, Agar kita di tolong ALLAH SWT dari hutang hutangkita, maka kita juga harus punya nilai-nilai yang jelas kita bela. Selain Beliau mengaskan perjuangan anti Riba, beliau juga mengaskan perjuangan hidupnya untuk membantu ummat dan bangsa Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan bangsa. Beliau juga sangat komitmen untuk menggerakan bangsa melalui Gerakan Beli Indonesia. Pembelaan nya terhadap kaum duafa juga sangat dintensifkan ketika terjepit hutang.


3.   Sungguh Sungguh dalam mengerjakan pekerjaan. (Man Jadda Wa Jadda)
4.    Sungguh Sungguh berusaha dekat kepada ALLAH SWT.
5.   Sungguh sungguh dalam Ucapan
6.   Sungguh Sungguh yakin Bahwa Anda akan berhasil menyeselesaikan hutang.
7.   80 %  Fokus membangun usaha, 20 % menangani masalah.


8.   Never take Personal Guarantee apapun bentuknya. Jika bank meminta jaminan rumah anda, padahal anda sudah menjaminkan tempat  usaha anda atau project anda. Karena inilah jahatnya kapitalis. Dia ingin mengunci kita ketika sulit sehingga kita lumpuh. Abdul latif pernah marah kepada bank mandiri ketika meminta jaminan rumah padahal nilai rumah kalimalangnya tidak seberapa dibanding hutang yang ditawarkan. Beliau marah karena tidak baiknya niat bank mandiri untuk menjepit diri dan keluarganya jika terjadi keadaan yang tidak baik didepan.


9.   Find Cosolidation. Temukan partner hutang yang bisa diajak bicara atau senada dengan anda.


10.   Metode Snow Balling. Metode ini dilakukan jika kita masih bisa membayar tetapi perusahaan sedang sulit.  Naikanlah Budget Cicilan anda ketika anda mampu. Mulai dari hutang hutang jangka pendek dulu, yang 2 tahun, 3 tahun terus hingga 10 tahu. Naikan cicilan anda 10 %. Jika 10 juta maka naikan jadi 11 juta  rupiah. Atau 20 %. Maka jangka waktu akan lebih cepat lagi, dari 15 tahun bisa menjadi 8 tahun. Hanya dengan menaikan jumlah pokoknya 10% anda sangat jauh cicilannya.


11.   Berbuat baiklah di saat sempit. Pak Heppy mensedekahkan uang 10 – 20 % uang yang diterima .  Sehingga ketika debt collector datang, pembela nya adalah warga sekitar yang simpati kepada beliau. Sedekah sangat membantu kita keluar dari kesulitan.


12.    Cut Off. Ada bebeberapa jenis cut Off;  Hutang yang tadinya good debt  kemudian macet menjadi bad debt.  Hentikan bayar hutang anda dulu. Bisa jadi jika anda teruskan project lain yang akan dikerjakan terkena imbasnya.  Semua cabang bisnis yang jalan diteruskan, yang merugi di stop. Lechman brothers berhenti/menyatakan bankrut bukan karena ga punya uang. Tapi karena awareness nya tinggi. Anda harus punya strategi exit. Cut off butuh mentalitas. Hasjim Johyohadikusumo melakukan hal yang sama ketika 98. Bukan ngemplang hutang. Tetap harus dibayar tapi sementara fokus kepada pengembangan bisnis.


13.   Never take long term Credit with short term. Jangan Pernah ambil kredit  aset jangka panjang dengan jangka waktu yang pendek.


14.   Never take debt with many Creditor.  Jangan ambil hutang dengan banyak kreditor. Cukup satu Kreditor tapi dengan Jumlah Besar.Bahaya nya ketika  terjadi kemacetan anda akan pusing dengan banyak pihak dan menambah konsentrasi anda.


15.    Hutang boleh tapi harus untuk yang penting saja.
16.   Lesson won”t change until we change ourshelves. Segalanya tidak akan berubah sampai kita merubah diri kita sendiri.


17.    Jujur berhutang
18.   Selalu periksa apakah pinjaman Project bisa menutupi cicilan Bank?
19.   Debt collector.  Negosiasikan hutang, upayakan agar anda hanya membayar pokoknya saja. Pak heppy berhasil mengosiasikan hutang hingga bisa membayar hutangnya hampir setengahnya.


20.   Sholat subuh Berjamaah. Pa Heppy selalu berusaha sholat subuh berjamaah karena beliau Ingat barang siapa yang sholat subuh berjamaah akan dilindungi ALLAH SWT.


21.   Naikan Income bisnis, push down Simplicity. Naikan omset bisnis turunkan biaya biaya (baik bisnis maupun pribadi).


22.   Pilahlah pendapatan anda; Contoh Dari uang anda bagi menjadi: 10 % sedekah, Saving 10%, Family x %, Cicilan hutang  20% dll.

Bisnis itu bukan hanya sekedar ilmu ekonomi tetapi juga ilmu kehidupan. Maka bisnis haruslah bisnis yang membangun kehidupan bukan sebaliknya. Bermain cash back, gesek tunai, goreng menggoreng kartu kredit, forex  Itu bukan bisnis tapi money game. Karena bukan bisnis, maka permainan uang atau money game bisa berwujud judi, spekulasi atau renten. Kalau itu yang dijalankan maka pelakunya bukanlah pebisnis tetapi penjudi, spekulan atau rentenir. Dan itulah yang terjadi dalam sistem ekonomi kapitalisme yang hari ini terbukti membuat ekonomi dunia mengalami tsunami. Banyak kasus terjadi, kekeliruan cara bermain dalam bisnis tidak hanya membuat kehancuran bisnis tetapi juga pelakunya kehilangan kehidupan.